PELUANG USAHA SURABAYA MALANG GRESIK MOJOKERTO SIDOARJO PASURUAN JOMBANG

Tabel of Content [View]
Banyak kisah inspiratif para pengusaha sukses yang bisa kamu jadikan motivasi dalam berbisnis. Dari kisah tersebut, kamu bisa belajar banyak hal, khususnya bagaimana para pengusaha itu bisa membangun bisnisnya hingga terus berkembang.
  1. 20 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif untuk Bisnis Pemula - New!
  2. 25 IDE BISNIS KREATIF TERBAIK 2023
  3. 30 Ide Bisnis Kreatif untuk Anda Lakukan di 2023
  4. Baca Dulu Saja 38 Ide Usaha Rumahan yang Lagi Trend, Full Cuan 2023!
  5. Baca Saja Dulu - Peluang Usaha Kerajinan Bambu Terbuka hingga ke Luar Negeri
  6. Fakta Kelebihan Dan Keuntungan Usaha Jualan Celana Dalam Yg Jarang Orang Tahu - New!
  7. IDE USAHA AGEN TOUR TRAVEL HAJI DAN UMROH DAN CARA MEMASARKANYA
  8. Ingin Berbisnis di Tahun 2023? Berikut 6 Ide Bisnis Tanpa Harus Merogoh Kocek
  9. Intip Bisnis Kaca Film Mobil, Cara Memulai dan Tips Sukses
  10. Kisah Sukses Jasa Ahli Vitalitas Bandung Aa.Muchsin
  11. PUSAT KACA FILM MOBIL DAN GEDUNG BANDUNG
  12. Peluang Usaha Hiasan Dinding Menjanjikan Berdasarkan Kreativitas
  13. TIPS USAHA TOUR TRAVEL HAJI DAN UMROH KEKINIAN
Sayangnya, kebanyakan orang hanya fokus pada cerita keberhasilannya saja tanpa mencari tahu bagaimana prosesnya. Salah satu proses yang terbilang penting ketika memulai bisnis yaitu menemukan peluang usaha yang tepat. Tidak hanya sekedar menemukan, peluang usaha tersebut juga harus potensial dan bisa direalisasikan.

Berbicara tentang peluang usaha, banyak dari kamu yang mungkin belum tahu apa yang dimaksud dengan peluang usaha? Nah, untuk membantu kamu memahami lebih dalam pembahasan kali ini, berikut ini penjelasan pengertian peluang usaha, ciri-ciri, dan bagaimana cara menemukannya.

Baca juga: 10 Jenis Peluang Usaha yang Menguntungkan di Desa
Pengertian Peluang Usaha

Apabila melihat dari penggunaan katanya, peluang usaha terdiri dari dua kata, yaitu peluang dan usaha. Peluang memiliki arti kesempatan, sedangkan usaha berarti upaya yang digunakan untuk bisa mencapai sebuah tujuan dengan memanfaatkan sumber daya yang kamu miliki.

Tujuannya juga beragam, mulai dari keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial, dan yang lainnya.

Sederhananya, pengertian peluang usaha bisa disimpulkan sebagai kesempatan yang dimiliki seseorang untuk bisa mencapai tujuan tertentu. Karena pembahasan kali ini mengenai dunia usaha dan bisnis, maka tujuannya adalah profit atau keuntungan.

Baca Juga: Cara Membuat Bisnis Plan untuk Memulai Membangun Usaha.
Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Menurut Sri Ayu Ramadhani dalam Modul Peluang Usaha, pengertian peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang ada dan bisa dimanfaatkan untuk memperoleh sebuah keuntungan bagi seseorang atau wirausaha.

Arif F. Hadipranata juga berpendapat bahwa peluang usaha adalah risiko yang harus diambil dan dihadapi dengan mengelola dan mengatur berbagai urusan yang berhubungan dengan dunia keuangan (financial).

Lain lagi dengan Thomas W. Zimmerer, menurutnya peluang usaha merupakan sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi, khususnya dalam memecahkan sebuah masalah dengan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.
Ciri-ciri Peluang Usaha

Dari pemahaman di atas, peluang usaha merupakan sebuah kesempatan bagi para pelaku usaha untuk bisa mengembangkan bisnisnya sebesar mungkin.

Sayangnya, tidak semua peluang tersebut bisa dikatakan sebagai peluang usaha. Banyak juga pengusaha yang keliru ketika memilih peluang usaha. Hasilnya, tentu saja mereka gagal dalam eksekusi dan penerapannya.

Alasannya beragam, namun kebanyakan karena peluang usaha tersebut tidak sesuai dengan kemampuan atau visi mereka.

Oleh karena itu, tidak semua peluang bisa dikatakan sebagai peluang usaha. Untuk memudahkan kamu dalam mengidentifikasi mana yang termasuk peluang usaha atau tidak, berikut adalah ciri-ciri peluang usaha.

• Peluang usaha harus ide yang orisinal dan tidak meniru.

• Peluang usaha harus bisa mengantisipasi berbagai perubahan dan persaingan, serta sesuai dengan kebutuhan pasar di masa yang akan datang.

• Peluang usaha harus sesuai dengan keinginan pengusaha agar usaha yang dijalankan bisa bertahan lama.

• Peluang usaha harus didasari rasa yakin dan bisa mewujudkannya.

• Peluang usaha harus memiliki tujuan keuntungan, namun sebaik apa pun peluang tersebut, akan ada risiko di belakangnya. Besar kecilnya peluang tersebut tergantung seberapa besar risiko yang berani kamu ambil.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa para pengusaha harus memiliki wawasan dan pemahaman yang luas. Tujuannya agar pengusaha tersebut tidak gegabah dan salah langkah ketika mengambil keputusan terhadap sebuah peluang.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik untuk Mulai Berbisnis.
Bagaimana Cara Menemukan Peluang Usaha yang Potensial?

Tidak semua peluang usaha bisa dieksekusi dengan baik oleh semua orang. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki potensi dirinya masing-masing.
  1. 100+ Peluang Usaha di Bidang Otomotif - New!
  2. 20 Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif untuk Bisnis Pemula - New!
  3. 7 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar yang Unik dan Potensial - New!
  4. Bisnis Otomotif - Peluang Usaha dan Kiat Suksesnya - New!
  5. PUSAT KACA FILM MOBIL DAN GEDUNG BANDUNG
  6. Peluang Usaha Bisnis Otomotif, Cara Jitu Agar Sukses! - New!

Apabila peluang usaha tersebut tidak sesuai dengan kemampuan, keterampilan, dan visi ke depannya, maka kemungkinan peluang tersebut akan gagal tereksekusi. Lantas, bagaimana menemukan peluang usaha yang potensial?
1. Mulai dari diri kamu sendiri

Inspirasi peluang usaha bisa datang dari mana saja, namun akan lebih baik jika peluang tersebut datang dan berasal dari kemampuanmu sendiri, sehingga kamu akan lebih mudah menjalankannya.

Kamu bisa mencari peluang tersebut dari hal-hal sederhana, seperti keahlian, keterampilan, hobi, latar belakang pendidikan, dan hal-hal lain yang kamu sukai.

Kamu juga bisa mencarinya dengan membuat daftar atau list terlebih dahulu. Urutkan hal-hal yang kamu suka dan apa saja kelebihan yang kamu punya.
2. Lihat fenomena dan masalah saat ini

Setelah menemukan beberapa hal yang bisa kamu jadikan peluang usaha, langkah selanjutnya yaitu menemukan fenomena dan masalah yang terjadi saat ini. Pada dasarnya, bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu memberikan solusi dari masalah yang terjadi.
3. Pilih bidang usaha yang sesuai

Setelah membandingkan antara kemampuan yang kamu miliki dengan fenomena atau masalah yang terjadi, selanjutnya pilih bidang usaha yang sesuai dengan kedua poin tersebut.

Sebagai contoh, kamu memiliki hobi memasak sekaligus seorang sarjana ahli gizi. Di satu sisi, kondisi pandemi yang terjadi saat ini membuat banyak orang lebih concern terhadap menu makanan sehat.

Kondisi ini bisa menghasilkan dua peluang usaha, pertama kamu bisa menjual menu makanan sehat, kedua kamu bisa menjadi content creator tentang cara memasak dan membuat makanan sehat.

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300 Ribu yang Menguntungkan
4. Temukan nilai lebih dari peluang tersebut

Misalnya kamu memilih membuka usaha katering makanan sehat. Maka, kamu harus menemukan apa yang menjadi kelebihan usaha kamu dibandingkan usaha sejenis. Sebagai contoh, kamu hanya menggunakan sayuran organik saja atau hanya menggunakan beras merah.
5. Riset dan lakukan penelitian

Coba lakukan riset dan penelitian terlebih dahulu. Misalnya, siapa target market dan bagaimana kriteria calon konsumen yang kamu tuju. Lalu, buatlah beberapa menu makanan dan berikan kepada mereka sebagai sampel. Lihat bagaimana respon dan tanggapannya. Minta juga saran dan masukan untuk perbaikan kamu ke depannya.
6. Haruskah bekerja sama dengan pihak lain? Jika iya, carilah partner yang tepat

Jika kamu memiliki masalah ketika mengeksekusi peluang usaha tersebut, segera cari solusi alternatifnya.

Apabila masalah tersebut timbul di luar kemampuanmu dan tidak bisa diselesaikan sendiri, maka kamu harus bekerja sama dengan mencari partner bisnis yang tepat. Pastikan partner tersebut memiliki visi yang sama dan kepribadian yang cocok dengan dirimu.

Sebagai contoh, kamu memiliki kendala terhadap supply sayuran segar. Kebetulan, calon partnermu ini memiliki perkebunan sayuran organik yang kamu butuhkan.

Kamu bisa mengajukan kerja sama dengannya. Entah sebagai supplier atau sebagai partner bisnis. Agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari, pastikan kamu sudah membuat perjanjian yang jelas. Tentukan juga peran masing-masing dan bagaimana sistem kerja samanya.

Baca Juga: 8 Jenis Usaha Sampingan Bagi Pemula yang Baru Terjun di Dunia Bisnis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian peluang usaha, ciri-ciri, dan bagaimana cara menemukan peluang usaha yang potensial.

Jangan cepat tergiur dengan kesuksesan orang lain. Jika orang tersebut bisa sukses dari peluang tersebut, bukan berarti kamu bisa memiliki kesuksesan yang sama.

Bisa saja, ia memang memiliki ilmu dan pengalaman lebih banyak pada bidang tersebut. Akan lebih baik jika kamu memilih dan menjalani bidang usaha sesuai dengan kesukaan dan kemampuan yang kamu miliki.